Kamis, 05 April 2012

Senyum

Pernahkah Anda tersenyum?

Ya, setiap manusia pasti pernah tersenyum, senyum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefinisikan sebagai gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dan sejenisnya dengan cara mengembangkan bibir sedikit.

Senyuman yang diberikan untuk orang lain tentunya akan memberikan dampak yang cukup besar, dengan memberikan sebuah senyuman yang tulus dapat merubah suasana hati siapapun yang mungkin sebelumnya terbebani dengan permasalahan yang klasik hingga kompleks "bad mood" menjadi lebih baik daripada itu,  perubahan tersebut dapat memberikan ketenangan jiwa dan pemikiran sehingga dapat ikut membuka lebar akar permasalahan.

Sebuah senyuman tidak harus diberikan untuk mereka yang barada dalam situasi terbebankan, sebuah senyuman juga layak diberikan untuk mereka yang dalam suasana hati senang, dengan senyuman yang diberikan terhadap suasana hati yang senang mampu memberikan kesempurnaan dari kesenangan tersebut dan menjaga suasana hati demikian agar tidak cepat memudar.

Senyum Untuk Kesehatan

Senyum menghilangkan stres. Stres bisa terlihat di wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih. Ketika anda stres, ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih.

Senyum meningkatkan imunitas. Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum

Senyum menurunkan tekanan darah. Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.

Senyum melepas endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.

Senyum membuat awet muda. Senyuman menggerakkan banyak otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift. Dengan banyak tersenyum Anda akan terlihat lebih awet muda.

Senyum Dalam Bisnis

Senyum membuat Anda kelihatan sukses. Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal, dan bisa diandalkan. Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien. Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik.

senyuman bisa melanggengkan transaksi Anda. Anda menunjukkan sikap ramah yang membuat konsumen merasa aman dan nyaman membelanjakan uangnya demi produk Anda. Bisa jadi, produk Anda sebenarnya hampir sama spesifikasinya dengan produk pesaing Anda. Namun, ketika Anda merespon konsumen dengan mendekati sifat humanity-nya, maka konsumen akan memperoleh kepuasan yang berujung pada loyalitas

Tjantana Jusman mengatakan, salah satu faktor penentu kesuksesan layanan pelanggan di banyak perusahaan ternyata adalah keramahan yang terpancar dari balik senyuman para karyawannya. Dari segi perasaan, senyum adalah obat yang paling mujarab untuk mengatasi kekurangberuntungan hati dan jiwa, bahkan perang.

Senyum Dalam Dunia Pendidikan

What the teacher is, is more important than what he teaches (Karl Menninger). Ternyata apa yang guru lakukan lebih penting dari apa yang diajarkannya. 

Tingkah laku seorang guru yang menyambut anak-anaknya dengan senyuman, kemudian mengucapkan salam kepada muridnya dengan lembut, “assalamualaikum!”, dan menyapanya, “Apa kabar ananda hari ini?” tentu akan sangat mengesankan bagi muridnya. 

Senyum, sapa, dan salam guru di pagi hari memberikan sejuta kebahagiaan dan kesan yang tidak terlupakan bagi muridnya. Semua murid akan senang dengan senyuman seorang guru, seperti yang diungkapkan Nur Muhammad Karim, siswa SMAN 3 Bandung., "Belia senang kan kalo liat gurunya senyum?”.

Sebuah senyuman dan keramahan, seorang guru bisa membangkitkan semangat murid untuk belajar, karena dalam suasana hati yang senang biasanya otak seseorang bisa bekerja sehingga murid bisa belajar dengan relaks tanpa adanya tekanan. 

Senyuman seorang guru, membuat siswa tergugah dan terbangkitkan semangat belajarnya. Guru yang murah senyum, tentu akan terbuka untuk kerja sama dengan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Senyum membuat tipisnya tabir hubungan antara guru dengan siswa. Pada gilirannya belajar di kelas menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan.

Kata-Kata Bijak Tentang Senyum

1. Suatu cara untuk menabur benih yang baik adalah lewat: senyuman (Henry Van Dyck).

2. Kita dapat mengobati penyakit fisik dengan obat-obatan. Tetapi bagi orang-orang yang kesepian dan terpinggirkan, obatnya hanya satu, ialah: Kasih sayang dan senyuman! (Bunda Theresia).

3. Yang kaya, bukan mereka yang mempunyai banyak harta, tetapi yang sehat dan punya banyak senyuman. (Erich Framm)

4. Menghidangkan teh pahit disertai senyuman, akan terasa benar manisnya.(Pepatah Jepang)

5. Di mana ada cinta kasih dan senyuman, di situ ada Tuhan. (LeoTolstoy)

6. Berikanlah hatimu pada seorang saja yang kamu cintai, tetapi berikanlahsenyumanmu pada semua orang yang kamu jumpai. (Napoleon)

7. Keramahan dan senyuman, adalah bahasa yang dapat disuarakan oleh tuna wicara, dan dapat didengar serta dipahami oleh tuna rungu.(Christian Nestell Bovee)

8. Cara agar lebih tentram adalah membuat orang lain merasa tentram. Cara yang murah dan tidak membutuhkan uang adalah: ketulusan dan senyuman.(William Shakepiare)

9. Kebahagian dan senyuman adalah anugrah yang tak ada bandinganya,siapa pun boleh menerimanya dengan grtatis, kalau mau.(Arnold Beisser)

10. Kehidupan adalah sebuah okresta raksasa. Bila satu instrumenya yang bernama senyuman hilang suaranya akan subang dan mengganggu keselaran.(J.Allen Boone).

Referensi:

http://diskusiwebhosting.com [Diakses Pada 5 April 2012]
http://pengusahamuslim.com [Diakses Pada 5 April 2012]
http://member.o-friends.web.id [Diakses Pada 5 April 2012]
http://obyektif.com [Diakses Pada 5 April 2012]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar