Sabtu, 15 Juni 2013

Kompas Gramedia

Latar Belakang

Kompas Gramedia, disingkat KG, adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang media massa yang didirikan pada tanggal 28 Juni 1965 Oleh P.K. Ojong dan Jakob Oetama.

Pada tahun 1980-an perusahaan ini mulai berkembang pesat, terutama dalam bidang komunikasi. Saat ini, KG memiliki beberapa anak perusahaan/bisnis unit yang bervariatif dari media massa, toko buku, percetakan, radio, hotel, lembaga pendidikan, event organizer, stasiun TV hingga universitas.

Pada tahun 2005, perusahaan ini mempekerjakan sekitar 12.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia.


Lokasi

Pada mulanya kantor redaksi Kompas (sebelum menjadi Kompas Gramedia) masih menumpang di rumah Jakob Oetama, kemudian berpindah menumpang di kantor redaksi Majalah Intisari, dan saat ini berlokasi di Palmerah Selatan No.26-28 Jakarta.

Produk
  • Surat Kabar
     Harian Kompas

     Harian Kompas merupakan surat kabar nasional yang berkantor pusat di Jakarta. Harian Kompas terbit setiap hari dan memiliki beberapa rubrik diantaranya yaitu Berita Utama, Bisnis & Keuangan, Humaniora, International, Opini, Politik & Hukum, Sosok, Nama & Peristiwa, Nusantara, Metropolitan, Olahraga. Berita-berita pada Harian Kompas biasanya bersifat nasional dan tidak hanya meliputi satu daerah saja.

    Tribun

    Pers daerah merupakan surat kabar yang terbit setiap hari di bawah naungan Kompas gramedia. Semula Persda hanya memiliki beberapa koran, diantaranya Serambi Indonesia (Aceh)), Pos Kupang (Kupang), Bernas (Yogya), Bangka Pos (Bangka), Banjarmasin Post di Banjarmasin , Sriwijaya Pos (Sripo) di Palembang , dan Harian Surya di Surabaya . . Dengan konsep baru, Pers daerah memproduksi koran dengan brand Tribun. Dan Nama Tribun ini mulai diaplikasikan di Kalimantan Timur melalui harian Tribun Kaltim, Tribun Jabar di Jawa Barat, dan Tribun Timur di Sulawesi Selatan. Dan Pada Tahun 2011, Terbitlah Harian Umum Tribun Jogja setelah Harian Umum Bernas dilepas oleh Kompas Gramedia. Hal ini juga terjadi di Medan ketika Harian Umum Analisa keluar dari naungan Kompas Gramedia dan terbitlah harian Tribun Medan. pada tahun 2012, Terbitlah Harian Umum Tribun Sumsel.

    Kontan

    Kontan merupakan media mengenai investasi dan bisnis yang terbit dalam bentuk harian, mingguan, maupun bulaan (edisi khusus). Selain itu ada pula kontan online yang dapat diakses melalui alamat www.kontan.co.id.

    Warta Kota

    Warta Kota merupakan salah satu surat kabar harian umum yang terbit di Jakarta, dengan tema bebas meskipun basisnya tetap pada berita perkotaan, dengan bahasan pada segala masalah yang terjadi ataupun berkaitan dengan persoalan perkotaan dan segala tingkah polah manusianya. Pilihan menu antara olahraga, selebritas, dan hot topics.

    Harian Warta Kota dimaksudkan untuk menjadi media khas bagi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya yang diharapkan dapat menjadi panduan warga dalam melihat dan menjalani hak-hak dan kewajibannya. Harian Warta Kota sekaligus menjadi jembatan sesama masyarakat, antara masyarakat dengan pemerintah (daerah dan wilayah) serta semua aparat yang memberikan pelayanan. Juga menjadi medium yang mempertemukan masyarakat sebagai konsumen dengan berbagai penyedia jasa pelayanan, perdagangan, industri, hiburan, dan semua kebutuhan mereka.

    Dan pada tahun 2008, Harian Berita Kota (Jakarta) terbit dibawah Naungan Kompas Gramedia. Isi berita tidak jauh berbeda dengan Warta Kota, hanya saja perbedaan terletak pada jumlah halaman dan harga per eksemplarnya.

    Surya

    Harian Surya merupakan surat kabar yang terbit di daerah Jawa Timur. Basisnya hampir serupa dengan Harian Warta Kota di Jakarta. Beberapa rubrik diantaranya yaitu: artikel Surabaya Raya, Opini, Sosial Politik, Ekonomi Bisnis, Selebriti, E-Life, Suara Publik, Probis, Elektronika, Komunitas dan ulasan khusus olahraga.

  • Majalah

    National Geographic

    National Geographic merupakan majalah yang terbit setiap bulan. Berbeda dengan Intisari yang lebih banyak menyajikkan artikel mengenai berita yang sedang hangat dibicarakan, National Geographic lebih kepada berita-berita mengenai lingkungan dan alam yang disajikan dengan foto-foto yang menarik.Berita nasional yang sedang terjadi pun tidak luput menjadi perhatian majalah ini.

    National Geographic Kids

    Majalah National Geographic untuk anak-anak yang terbit bulanan. Banyak pengetahuan yang wajib anak-anak ketahui. Rubrik-rubriknya adalah Aneh Tapi Nyata, Belum Tahu,Kan ?, Hewan-Hewan Hebat, Olahraga Hahaha, Lucu-lucuan, Tebak Kocak, Omong,Dong, dan Karya Kamu.

    Potret Negeriku

    Majalah Potret Negeriku terbit bulanan. Yang membuatmu lebih tahu keanekaragaman budaya Indonesia.

    Hai

    Hai adalah majalah mingguan dan diperuntukkan untuk para remaja pria yang duduk di bangku SMP sampai SMA. Informasi yang diberikan merupakan segala hal yang berkenaan dengan dunia remaja seperti memuat segala artikel yang berkenaan dengan gaya hidup. Mulai dari musik, film, pendidikan, tempat nongkrong, fesyen, teknologi, olahraga, psikologi, pendidikan seks, dan tentu saja cerita pendek dan komik.

    Kawanku

    Kawanku adalah majalah bagi para remaja putri yang berusia antara 13 sampai 16 tahun. Kawanku terbit setiap hari minggu. Informasi yang diberikan biasanya mengenai masalah fesyen, psikologi, cerpen, film, musik, dan selebritas.

    Nova

    Nova merupakan sebuah tabloid wanita. Tabloid ini memberikan informasi seputar wanita dan juga peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Misalnya ada rubrik kecantikan, keluarga, kesehatan, busana, griya dan juga informasi mengenai para selebritis atau orang-orang sukses dan terkenal.

    CHIP

    Chip merupakan majalah komputer yang terbit setiap bulan satu kali. Majalah ini berisi informasi terbaru dari industri komputer, hasil tes perangkat keras dan perangkat lunak, serta tip dan trik. CHIP juga mempresentasikan gambaran aktual dari layanan online yang ada dan memberikan bantuan serta panduan bagi pengguna dalam memasuki dunia maya. Biasanya pembeli akan mendapatkan DVD-ROM yang berisi perangkat lunak pilihan redaksi.

    Info Komputer

    Info Komputer merupakan majalah komputer yang terbit setiap bulan. Info Komputer mengulas beragam informasi dari industri komputer, hasil pengujian perangkat keras dan perangkat lunak, tip dan trik komputer, tutorial, serta menyediakan segmen khusus untuk industri berskala enterprise.

    Angkasa

    Angkasa merupakan majalah bulanan yang memberikan informasi mengenai pesawat dan kedirgantaraan. Angkasa juga menerbitkan edisi koleksi yang lebih menjelaskan mengenai kedirgantaraan yang dimiliki oleh militer.

    What Hi-Fi?

    What Hi-Fi? merupakan majalah yang ditujukan bagi para peminat audio video dan home cinema. Majalah bertiras 26.000 eksemplar ini terbit setiap bulan dengan menyajikan berbagai informasi dengan lingkup bahasan seputar informasi produk Hi-Fi & Home Cinema dan informasi penunjang lainnya. What Hi-Fi juga dapat dijadikan panduan belanja dan pengaturan audio video. Selain itu dalam setiap edisinya majalah ini menyajikan tips, trik, dan solusi seputar masalah sound and vision.

    PC Plus

    PC plus merupakan tabloid yang berisi artikel dan berita perkembangan dunia Teknologi Informasi. Jadi pembahasannya tidak hanya seputar komputer saja akan tetapi lebih luas lagi teknologi informasi.

    Dan masih banyak lainnya.

  • Daring
    
     Kompas.com

    Kompas.com merupakan kumpulan-kumpulan berita terkini yang dapat langsung diakses melalui internet. Berita-berita yang terdapat dalam kompas.com tidaklah sama dengan yang ada dalam Kompas surat kabar. Akan tetapi melalui kompas.com ini kita dapat mengetahui kejadian-kejadian yang baru terjadi tanpa harus menunggu dicetak.

    Selain kompas.com, kelompok Kompas Gramedia juga memiliki Kompas e-paper yaitu bentuk digital dari harian Kompas. Kompas epaper diakses melalui internet dengan web Kompas E-paper ini yang memungkinkan semua orang yang sudah terdaftar, baik di dalam maupun luar negri dapat mengakses koran digital ini. Agar dapat mengakses Kompas e-paper ini maka pengguna membutuhkan plugin tambahan, yaitu Microsoft Silverlight. Untuk dapat menikmati Kompas e-paper, pembaca wajib menginstalasikan Silverlight terlebih dahulu.
  • Dan Lainnya

Pemasaran

Bisnis media bergerak ke arah sinergi. Diantara grup media yang ada Indonesia, grup Kompas Gramedia memiliki keragamanan dan jaringan yang bisa disamakan dengan News Corporation di luar negeri. Tentu saja suatu kekuatan luar biasa bagi grup Kompas Gramedia.

Saat ini grup Kompas Gramedia memiliki media yang terdiri dari surat kabar nasional (2),surat kabar jaringan pers daerah (16), majalah dan tabloid (46), radio (Jaringan Sonora di 9 kota dan Motion Radio), online (Kompas.com & versi online dari beberapa media cetak), toko buku (96 toko buku Gramedia di 25 kota), percetakan( 10 percetakan di seluruh Indonesia), hotel (17 jaringan hotel Santika & Amaris), pabrik tissue Tessa(GKU) dan event organizer (Dyandra & Radyatama) (sumber: CA Corporate Kit 2009)

Kompas Gramedia baik itu unit bisnis media atau unit bisnis lain dengan melakukan cross selling dan program komunikasi pemasaran yang terpadu (Integrated Marketing Communication)

Prospek

CARING 
Humanisme/ kemanusiaan (menghargai manusia sesuai harkat & martabatnya), yang transendental (berdasarkan keyakinan akan yang tertinggi, yang mengatasi segala sesuatu).
Peduli pada sesama; compassion; membantu dengan tulus. 
Tanggungjawab sosial (CSR); cepat tanggap terhadap problem lingkungan kemasyarakatan. Memberikan kesempatan yang sama pada setiap orang tanpa membedakan golongan, ras, suku, gender, agama. Menghargai perbedaan budaya; adaptif; inkulturatif; cross-cultural.  
Management by walking around; saling menyapa; mengenal satu sama lain. 
Saling menghargai, saling memahami (toleransi). 
Peduli pada kesejahteraan karyawan; membina bawahan; delegasi, kaderisasi.
caringDua buah tangan saling terulur, saling membantu.




CREDIBLE
 
Integritas tinggi; jujur; satu kata dengan perbuatan (konsisten) 
Dapat dipercaya (reliable); dapat diandalkan (capable) 
Bertanggungjawab; menepati janji (komitmen); disiplin 
Berwatak baik; berniat baik; berpikir positif. 
Ber-etika bisnis bersih; transparan (keterbukaan) 
Berjalan sesuai regulasi (pemerintah, stakeholders, shareholders) 
Loyal; setia pada lembaga & profesi; dedikatif 
Fair (tidak curang)
credibleSatu pasang tangan bersatu dengan sikap menyembah, padmasana.




COMPETENT
 
Profesional, menguasai bidang profesinya 
Berorientasi pada kinerja dan hasil terbaik; get things done; bekerja tuntas 
Menggunakan sumber daya secara optimal (efisien dan efektif: work smart) 
Berwawasan luas 
Senantiasa mengembangkan diri; continuous learning 
Proaktif 
Mengambil keputusan dengan arif; pertimbangan matang 
Bekerjasama demi hasil terbaik bersama tim (sinergi; aliansi strategik; involving; teamwork) 
Trampil teknologi
competentSebelah tangan kanan menunjukan ibu jarinya, setuju, hebat.




COMPETITIVE
 
Bersemangat kompetisi / bersaing secara smart; mencapai yang terbaik 
Kreatif, inovatif 
Percaya diri, berani memimpin/merintis/memulai 
Berani ambil risiko, speed, akseleratif  
Open minded, terbuka terhadap kritik, perbaikan dan perubahan. 
Tidak puas dengan kondisi saat ini, ingin berubah menjadi lebih baik 
Mengelola jejaring /networking yang semakin world wide
competitiveSebelah tangan kanan mengepal, siap bertanding.




CUSTOMER DELIGHT
 
Berorientasi pada penyediaan layanan & produk berkualitas sesuai kebutuhan pelanggan. 
Mempelajari kecenderungan dinamika kebutuhan pelanggan; fleksibilitas demi pelanggan 
Menangani keluhan dan problem pelanggan secara profesional 
Memahami/ mengantisipasi kebutuhan pelanggan (customer care) sebelum meminta 
Mengupayakan pelanggan semakin terdidik dan tercerahkan 
Menyenangkan pelanggan berdasarkan mentalitas berkelimpahan (aspek dua arah)
customer delightDua buah tangan bersalaman erat, win-win, sama sama senang.




Secara keseluruhan, KG Values terdiri dari dua komponen, yang bisa digambarkan dengan sebuah pohon kehidupan:
  • Character:
    Watak baik, yang peduli dan dapat dipercaya/diandalkan; adalah bagian pohon sebelah bawah (akar, pondasi yang menentukan berdirinya sebuah pohon).
  • Competency:
    Profesionalisme, kompetitif dan menyenangkan pelanggan; adalah bagian pohon sebelah atas (batang, daun dan bunga/buah, hasil baik yang tampak dipermukaan, disebabkan oleh keberadaan karakter yang positif). 

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kompas_Gramedia
http://www.kompasgramedia.com/

1 komentar:

wisnu mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat

Visit Us

Posting Komentar